Selamat Datang di Blog WISATA SYARTA mari ber-Wisata bersama Saya Syevenly Takapaha untuk menikmati Keindahan Alam ciptaan Tuhan, menikmati kuliner yang enak-enak dan mengagumi serta melestarikan keunikan budaya kita Karena hidup ini Indah dan setiap tempat adalah objek wisata. Blog ini menampilkan semua objek wisata yang dikunjungi dan dapat dicerita kan dan semoga dapat menjadi Referensi Anda. Semua Foto yang belum sempat ditulis sumbernya adalah Dokumentasi Pribadi dan merupakan hak cipta dari Stevenly Takapaha

Pulau Batuwingkung Sangihe

Pengalamanku bersama rekan Anto Tiala ke Pulau Batuwingkung dapat oleh-oleh Batu akik. Pulau Batuwingkung terletak  di Kecamatan Tabukan Selatan, dengan wilayah Pemerintahan Kampung Batuwingkung. Pulau batuwingkung ini memiliki luas  ±250 Ha, dengan jumlah Penduduk  372 Jiwa yang terdiri dari  200 Jiwa  Laki – laki dan 172 Jiwa Perempuan.   


Kampung Batuwingkung terdiri dari  3 Lindongan yaitu Lindongan 1 (Mansalangeng)  dengan  147 Jiwa, Lindongan 2 (Batuwingkung) dengan 121 Jiwa dan Lindongan 3 (Kumbangehe) dengan 104 Jiwa

Penduduk  Pulau Batuwingkung memiliki PNS sebanyak 4 Orang (Guru), Petani 9 Orang,  Tidak memiliki pekerjaan 9 Orang dan bekerja sebagai nelayan berjumlah 121 Orang.
yang beragama Kristen  361 Orang dengan  4 buah Gereja dan Islam      11 Orang.

Sarana Pendidikan berupa SD Inpres  batuwingkung 1 Buah dengan 42 Murid dan  7 Orang guru, SMP satu atap  dengan 13 Murid dan 3 Orang Guru. Sarana air bersih yang ada berasal dari Mata air, Sumur dan Air Hujan, Sumber Penarangan dari Listrik Tenaga Surya (LTS). Pada Bidang Pertanian : Talas, Ubi dan  tanaman hortikultura lainnya, bidang perkebunan : Kelapa, Cengkih dll.

Sarana yang dapat dibangun adalah  Tambatan Perahu. Potensi yang dapat dikembangkan adalah : Perikanan  Tangkap dan Budidaya serta pemberdayaan masyarakat pesisir. Di Pulau Batuwingkung terdapat  peninggalan sejarah (benda cagar budaya) berupa Tempat bendera yang dibuat sejak saman penjajahan dan berada dilokasi yang bernama Bowong Solo.

0 comments:

Posting Komentar