Selamat Datang di Blog WISATA SYARTA mari ber-Wisata bersama Saya Syevenly Takapaha untuk menikmati Keindahan Alam ciptaan Tuhan, menikmati kuliner yang enak-enak dan mengagumi serta melestarikan keunikan budaya kita Karena hidup ini Indah dan setiap tempat adalah objek wisata. Blog ini menampilkan semua objek wisata yang dikunjungi dan dapat dicerita kan dan semoga dapat menjadi Referensi Anda. Semua Foto yang belum sempat ditulis sumbernya adalah Dokumentasi Pribadi dan merupakan hak cipta dari Stevenly Takapaha

Monumen Bauksit di Kijang Bintan

Kijang Kota merupakan salah satu kelurahan yang ada di kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Penambangan bauksit di dareah Kijang telah dimulai sebelum kemerdekaan Indonesia. Belanda merupakan negara pertama kali yang menemukan kandungan bauksit di daerah Kijang pada tahun 1920. Belanda juga merupakan negara pertama yang melakukan penambangan di Kijang. Di Kota Kijang Kecamatan Bintan Timur terdapat Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang yang dibangun oleh PT ANTAM (Persero) Tbk. Disini berdiri patung Pekerja Tambang dan 18 relief yang berisi ilustrasi perjalanan sejarah pertambangan bauksit dari aktivitas penambangan di tahun 1935-2010, hingga memasuki pasca tambang di tahun 2011.
Monumen Bauksit Kijang Photo by Febe Takapaha

Pada Relief 1 hingga 5 dapat dilihat dimana Belanda memulai melakukan penambangan bauksit. Dimana Belanda memulai dengan melakukan surve ke sejumlah titik dan dilanjutkan dengan membuat sejumlah lubang dan akhirnya melakukan eksplotasi bauksit di kijang. Dan pada relief ke enam, negara Jepang mengambil alih penambangan bauksit di Kijang dari Belanda. Dan pada rileef ke tujuh mengisahkan tentang perjuangan Trikora dan berlanjut pada rileef ke delapan pengelolaan penambangan di Kijang telah dikelola oleh PT Antam. Berlanjut kepada relief selanjut hingga terakhir hingga pengelolaan paska tambang di Kijang. Rosi Eko triono selaku Mine Closure Bureau Head PT ANTAM (Persero) Tbk Kijang menyampaikan, Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang ini dibangu oleh PT ANTAM (Persero) Tbk pada tahun 2011 lalu dan diresmikan oleh Gubernur Kepri H. Muhammad Sani.
Relief yang menceritakan perkembangan pertambangan Bauksit di Kijang Bintang. Photo by Febe Takapaha
"Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sejarah penambangan bauksit dari masa kemasa di Kijang ini,"terannya sembari menyampaikan, PT ANTAM (Persero) Tbk mulai mengelola bauksit di Kijang sekitar tahun 1968-an dan saat ini melakukan program pasca-tambang.

Monumen dan Relief Sejarah Pertambangan Bauksit Kijang untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang sejarah penambangan bauksit dari masa kemasa Photo by Febe Takapaha